Minggu, 18 Maret 2012

BAHASA, PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN BAHASA

Makalah ini dipresentasikan pada mata kuliah Metodologi Pengajaran Bahasa dan Sastra yang diasuh oleh Prof. Sakura dan Dr. Fachrurrozi. Antara lain makalah ini membahas tentang Penegrtian Bahasa, Hakikat Bahasa dan Sejarah Pengajaran Bahasa. Sebagai pengantar, berikut penggalan latar belakangnya:

Setiap orang memiliki sebuah bahasa yang diperoleh secara otomatis, alamiah dan wajar karena biasa digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari oleh orang-orang yang berada di lingkungan kelompok masyarakatnya. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi ini disebut bahasa ibu atau bahasa pertama orang tersebut, sedangkan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi oleh orang-orang di luar lingkungan kelompok masyarakatnya dinamakan bahasa asing yang apabila dipelajari oleh orang tersebut akan menjadi bahasa keduanya.
Istilah bahasa kedua (B2) digunakan untuk menggambarkan bahasa-bahasa apa saja yang pemerolehannya dimulai setelah masa anak-anak awal (early childhood), termasuk bahasa ketiga atau bahasa-bahasa lain yang dipelajari kemudian. Bahasa-bahasa yang dipelajari ini disebut juga dengan bahasa target (target language).

Untuk selengkapnya, silahkan DOWNLOAD


0 komentar:

Posting Komentar