Minggu, 18 Maret 2012

DEFINISI ANALISIS KONTRASTIF (ANAKON)

Makalah ini dipresentasikan pada Mata Kuliah Analisis Konstrastif (Anakon) dan Analisis Kesalahan (Anaken), yang disuh oleh Dr. Aceng Rahmat. Antara lain makalah ini membahas tentang defenisi Anakon, kedudukan Anakon dalam Linguistik dan Anakon dalam Monolingual, Bililingual dan Multilingual. Sebagai pengantar, berikut kutipan pendahuluannya:

Tarigan mengemukana bahwa Analisis Kontrastif (Contrastive Analysis), selanjutnya digunakan istilah Anakon,merupakan kegiatan pembandingan dua struktur dua bahasa – bahasa pertama (B1) dan bahasa kedua (B2) – untuk menemukan perbedaan-perbedaan yang ada pada kedua bahasa terebut. Hasil perbedaan yang diperoleh dapat dijadikan dasar untuk memprediksi kesulitan belajar bahasa terutama bahasa kedua (B2).

Untuk mengulas Ankon lebih jauh, makalah ini akan membahas empat pokok bahasan, yaitu: (1),menelusuri letak Analisis Kontrastif dalam bidang Linguistik; (2), keberadaan Ankon sebagai studi Interlanguage; (3), mengenaliAnkonsecara epistemologi apakah sebagai Linguistik Murni atau Linguistik Terapan; (4), melihat hubungan Ankon dengan Kedwibahasaan (Billingualism).

Untuk selengkapnya, silahkan  DOWNLOAD

0 komentar:

Posting Komentar