Sabtu, 18 Februari 2012

Metodologi Penelitian Analisis dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif

Makalah ini dipresentasikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, yang diasuh oleh Prof. Emzir dan Dr. Fachrurrozi. Isinya membahas antara lain tentang pengertian, prinsip, jenis-jenis dan prosedur penelitian Metodologi Penelitian Analisis dan Interpretasi Data Penelitian Kualitatif. Berikut kutipan latarbelakangnya:

Analisis dan interpretasi data merupakan dua aspek penting dalam penelitian yang saling terkait dan hampir tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya. Suatu analisis data tidak akan banyak memberi manfaat terhadap hasil penelitian apabila tidak dilanjutkan dengan interpretasi data, sebaliknya interpretasi data yang tidak diteliti dengan prosedur analisis data yang sistematis dan benar, maka akan dapat menyesatkan peneliti terutama dalam pengambilan keputusan terhadap hasil interpretasi data dan generalisasi hasil penelitian.

Dalam proposal, bagian analisis data bisa terdiri dari sejumlah komponen. Tetapi, proses analisis data secara keseluruhan melibatkan usaha memaknai data yang berupa teks atau gambar. Untuk itu, peneliti perlu mempersiapkan data tersebut untuk dianalisis, melakukan analisis-analisis yang berbeda, memperdalam pemahaman akan data tersebut, menyajikan data, dan membuat interpretasi makna yang lebih luas akan data tersebut.
  

0 komentar:

Posting Komentar