Sabtu, 18 Februari 2012

Penelitian Naratif dan Penelitian Studi Kasus

Makalah ini dipresentasikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian yang diasuh oleh Prof. Emzir dan Dr. Fachrurrozi. Isinya membahas tentang Penelitian Kwalitatif, khususnya tentang Penelitian Naratif dan Penelitian Studi Kasus. Berikut kutipan latar belakangnya: 

Adalah suatu hal yang lumrah jika pengalaman dalam kehidupan individu diceritakan kepada orang lain. Mereka memberikan pandangan mereka tentang kelas, sekolah, masalah pendidikan dan latar dimana mereka bekerja. 

Ketika individu menceritakan kehidupannya kepada peneliti, mereka merasa didengarkan. Informasi yang mereka berikan kepada peneliti berupa cerita pengalaman-pengalaman pribadi. Data yang berupa cerita dilaporkan menggunakan desain penelitian naratif. 

Sedangkan  penelitian kasus adalah suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga atau gejala tertentu. Ditinjau dari wilayahnya, maka penelitian kasus hanya meliputi daerah atau subjek yang sangat sempit. Akan tetapi, ditinjau dari sifat penelitian, penelitian kasus lebih mendalam. Dalam makalah ini kami memaparkan tenatan penelitian naratif dan penelitian kasus.



0 komentar:

Posting Komentar