Sabtu, 18 Februari 2012

Penelitian Model Analisis Isi dan Metode Penelitian Sastra

Makalah ini dipresentasikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, yang diasuh oleh Prof. Emzir dan Dr. Fachrurrozi. Isinya membahas antara lain tentang pengertian, jenis-jenis dan prosedur penelitian Model Analisis Isi dan Metode Penelitian Sastra. Berikut kutipan latarbelakangnya:

Sebagai salah satu sub pokok bahasan penelitian dengan pendekatan kualitatif, analisis isi dianggap oleh para ahli sebagai salah satu cara yang paling lengkap, intensif, dan sistematis dalam mengkaji pokok bahasannya.   

Pada awalnya analisis isi menggunakan metode penelitian kuantitatif namun seiring dengan perkembangan keilmuan yang menuntut kajian lebih dalam dan menyeluruh, paradigma penelitian analisis isi lebih condong kearah penelitian dengan paradigma kualitatif.  

Sebagai mantan penelitian dengan paradigma kuantitaif, prosedur penelitian analisis isi masih menggunakan pendekatann kuantitatif dan merupakan salah satu cara bagaimana metode ini melestarikan manfaat pendekatan kuantitaif sehingga hasil kajian penelitian ini lebih sempurna.


0 komentar:

Posting Komentar