Sabtu, 18 Februari 2012

Penelitian Eksperimental dan Kausal Komparatif

Makalah ini dipresentasikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, yang diasuh oleh Prof. Emzir dan Dr. Fachrurrozi. Isinya membahas antara lain tentang pengertian, karakteristik, prosedur penelitian dan validasi Penelitian Eksperimental dan Penelitian Kausal Komparatif. Berikut kutipan latarbelakangnya:

Davis (2004) dalam Emzir 2010, berpendapat bahwa penelilitian eksperimental didasarkan pada asumsi bahwa dunia bekerja menurut hukum-hukum kausal. Hukum-hukum ini esensinya adalah linear, meskipun bersifat kompilasi dan interaktif.

Tujuan penelitian eksperimental adalah untuk menetapkan hukum sebab akibat dengan mengisolasi variabel kausal. Pandangan yang lebih ringan tentang asumsi-asumsi filosofis di belakang penelitian eksperimental adalah bahwa “kadang-kadang” dan “dalam cara yang sama”, dunia bekerja menurut hukum-hukum kausal. Dengan demikian, hubungan sebab akibat bukan pandangan akhir dari realita, tetapi penunjukkan sebab dan akibat bermanfaat dalam keadaan/kondisi yang sama (Davis 2004: 3).

0 komentar:

Posting Komentar