Minggu, 29 Januari 2012

Kajian Stilistika dalam novel 'Nayla' Karya Jenar Maesa Ayu

Makalah ini mengkaji Stilistika dalam novel 'Nayla' karya Jenar Maesa Ayu. Dipresentasikan pada Mata Kuliah Teori dan Apresiasi Sastra yang diasuh oleh Dr. Novi Anoegrajekti & Dr. Nuruddin, MA. Berikut ini kutipan singkat dari latar belakang makalah:

A. Pendahuluan

Bahasa merupakan sarana yang digunakan pengarang untuk menyampaikan buah pikiran dan imajinasinya dalam proses penciptaan karya sastra. Unsur bahasa yang dipakai dalam suatu karya sastra. Kemampuan seorang penulis dalam memilih kata bertujuan untuk memenuhi kebutuhan apa yang disampaikan melalui tulisannya dengan gaya kekhasannya.

Memahami bahasa merupakan langkah awal dalam memahami sebuah karya sastra.  Salah satu unsur yang dapat membedakan suatu karya sastra dengan karya sastra yang lain adalah gaya bahasa yang dipakai oleh penulis atau pengarang dalam menuangkan isi pikiran dan imajinasinya.

Makalah ini menyajikan suatu penganalisaan sastra dengan pendekatan stilistika yang melakukan pengkajian langsung terhadap novel Nayla karya Djenar Maesa Ayu.


0 komentar:

Poskan Komentar